Minggu, 06 Maret 2016

7 masakan tradisional di bengkulu

Inilah 7 makanan enak di Bengkulu :

1. Tempoyak

Tempoyak
Tempoyak
Apakah anda pernah mendengar manakan ini? yah tempoyak merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang sangat dikenal, namun tempoyak juga merupakan makanan khas dari Paembang dan Jambi. Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi buah durian, yah bisa anda bayangkan bagaimana nikmatnya mengkonsumsi makanan yang satu ini. Tempoyak sangat nikmat dikonsumsi dengan nasi hangat dan berbagai lauk khas Bengkulu lainnya. Salah satu rumah makan yang mengkombinasikan menu masakannya dengan Tempoyak adalah :
RM Sembam Ikan “MAROLA”
Jl. Pariwisata Pantai Berkas, Bengkulu
0813-7368-1081

2. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang
Gulai Kemba’ang
Namanya cukup unik, namun jangan sampai salah pengucapan menjadi gulai kembang ya, hehe. Gulai kemba’ang merupakan salah satu makanan khas dari Palembang yang terbuat dari iga sapi dan bumbu bumbu lainnya. Gulai kemba’ang ini salah satu makanan khas Bengkulu yang hanya bisa didapati pada bulan ramadhan dan hari lebaran saja.

3. Lema

Lema
Lema
Lema merupakan 7 makanan enak di Bengkulu yang mirip seperti tempoyak, karena makanan ini merupakan makanan hasil fermentasi. Namun bukan dari fermentasi durian melainkan rebung atau bambu muda yang dicampur dengan ikan tawar.

4. Lepek Binti

Lepek Binti
Lepek Binti
Tidak hanya makanan beratnya yang sangat enak, makanan ringan khas Bengkulu juga sangat enak salah satunya adalah lepak binti. Namanya memang unik, namun rasanyasangat nikmat. Lepak binti merupakan makanan ringan ang terbuat dari beras ketan dan garam. Sedangkan untuk isiannya, lepek binti terbuat dari daging giling yang dimasak dengan santan, daun salam dan lengkus. Setelah itu dingkungkus menggunakan daun pisang kemudian direbus. Makanan ringan ini mirip seperti arem arem, namun arem arem terbuat dari nasi dan isinya lebih umum adalah kentang, wotel dan seledri.

5. Kue tat

Kue tat
Kue tat
Kue tat merupakan salah satu kue khas dari Bengkulu yang hanya bisa ditemui ketika ada acara acara besar seperti hari pernikahan atau hari hari besar Islam.

6. Bagar hiu

Bagar hiu
Bagar hiu
Bagar hiu merupakan 7 makanan enak di Bengkulu yang cukup unik yaitu berbahan dasar ikan hiu. Pernahkah anda membayangkan mengkonsumsi ikan hiu? Yah, apabila anda ingin mencicipi rasa ikan hiu bisa mengknsumsi bagar hiu. Hiu yang digunakan untuk bagar hiu ini adalah jenis hiu punai atau hiu tanduk, karena kedua jenis hiu tersebut memiliki kulit yang lembut dan tidak terlalu berbau amis.

7. Pendap

Pendap
Pendap
Pedap merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari berbagai rempah rempah seperti bawang putih, cabai, kencur dan lainnya kemudian dicampur dengan kelada muda. Dibungkus menggunakan daunt alas dan diberi ikan atau teri. Untuk menikmati pedap, bahan tersebut harus dimasak selama 8 jam lamanya.

Makanan khas dari Bengkulu ini mirip dengan makanan makanan dari kota kota sekitar seperti Palembang dan Padang. 7 makanan enak di Bengkulu ini sangat cocok untuk anda cicipi saat berkunjung ke Bengkulu

link : http://maemyuk.com/7-masakan-tradisional-di-bengkulu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar